Animated Social Gadget - Blogger And Wordpress Tips

Tugas PKn 5 Kerusuhan Pasca Pilkada

| Sabtu, 09 Februari 2013


TUGAS PKN
1.Pilkada Papua
Pasca kerusuhan yang terjadi di Wamena, Jumat (18/1/2013), seusai kampanye terbuka pasangan no urut 3, Kepolisian Daerah Papua saat ini masih mengizinkan dilaksanakannya kampanye di kawasan itu.Waka Polda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan hingga saat ini pihaknya masih mengizinkan para calon gubernur untuk melakukan kampanye terbuka di Wamena.Namun, khusus untuk pasangan Habel Melkias Suwae-Yop Kogoya, sudah dipastikan tidak akan melakukan kampanye di Wamena. Kerusuhan di Wamena itu terjadi seusai kampanye pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal yang dipicu salah satu juru kampanye yang juga Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom membagi-bagikan uang pecahan Rp100.000 kepada massa yang juga penduduk Lanny Jaya sehingga menyebabkan massa lainnya marah dan melakukan aksi lempar batu.Akibatnya aparat keamanan mengeluarkan tembakan peringatan berulang kali untuk menghentikan aksi tersebut.

2. Pilakada Bangkalan, Madura
Meski dibayang-bayangi aksi protes massa dari calon pasangan yang tercoret, Imam Bukhori Kholil-Zaini Alim, proses pemungutan suara pada Pilkada Bangkalan yang digelar Rabu (12/12/2012) dipastikan tetap dilaksanakan. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Andre Dewanto, berdasarkan mekanisme yang diatur UU, tahapan pencoblosan hanya bisa ditunda jika terjadi bencana alam atau ada perintah dari pengadilan. Pasangan tersebut dicoret KPU setelah gugatan pengurus lama DPD Partai Persatuan Daerah (PPD) Bangkalan dikabulkan PTUN Surabaya. Isi gugatan meminta PTUN agar pasangan Imam-Zain didiskualifikasi karena mendaftarkan diri sebagai calon menggunakan partai PPN.

3. Pilkada Gayo Lues
BANDA ACEH - Sidang kasus perusakan kotak suara dan pembakaran Kantor Camat Blangkeujeuren dalam kerusuhan setelah Pilkada Gayo Lues pada April 2012, kembali dilanjutkan hari ini, Selasa 30 Oktober 2012 di Pengadilan Negeri Banda Aceh dengan agenda pemeriksaan saksi. Saksi yang dihadirkan dalam sidang hari ini adalah Iwan Ramadhan dan Safri Amin, keduanya adalah aparat polisi yang berasal dari Polisi Resort Gayo Lues yang pada saat kejadian, pada tanggal 11 April 2012 bertugas menajga keamanan di tempat kejadian, yaitu di Kantor Blang Keujeuren Gayo Lues.Safri Amin, dalam keterangannya mengatakan terdakwa Ali Hasyimi berada di lokasi ketika terjadi aksi dan ikut melakukan perusakan kotak suara di lokasi tersebut.“Terdakwa tampil dengen bertelanjang dada, dan memakai ikat kepala warna merah, makanya saya ingat,” kata Safri Amin di depan majelis hakim yang diketuai oleh Makaroda.

4. Pilkada Soppeng
Kantor Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan dibakar massa yang kecewa dengan hasil pemilu kepada daerah. Selain itu, massa juga membakar dua kantor kecamatan setempat.Kerusahan terjadi setelah dua hari pemungutan suara digelar. Pembakaran  kantor KPUD Soppeng dan kecamantan itu terjadi pada pukul 16.30 WIB.Menurut anggota KPU Soppeng, Amrayadi, Kantor KPU di Jalan Pengayoman itu tiba-tiba didatangi massa sambil berteriak meminta pelaksanaan pemungutan suara diulang karena penuh dengan kecurangan.

5. Pilkada DKI
JAKARTA -- Jelang putaran kedua Pemilukada DKI Jakarta, isu SARA kembali mencuat. Kini beredar video penolakan dan ancaman terhadap etnis keturunan Tionghoa agar tidak menggunakan hak pilihnya pada Pemilukada DKI Jakarta ronde kedua.Video ancaman berjudul 'Koboy Jakarta Pimpin Jakarta' itu sudah menyebar luas di internet dan dapat akses di situs Youtube. Seorang pria menjadi narator dari video berdurasi dua menit tersebut. Sembari memegang sebilah senjata tajam seperti sebuah parang, dengan suara serak dan sangar pria yang wajahnya sengaja disamarkan tersebut dengan nada mengancam mengatakan, "Kami pemuda penyelamat Jakarta memberi ultimatum kepada warga keturunan untuk tidak memilih di pemilukada atau...."


File Download Disini

Download

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲